Ruwatan Anak Berambut Gimbal

Keinginan yang sangat kuat dari anak-anak berambut gimbal ini akan diwujudkan bersamaan dengan upacara pemotongan rambut gimbalnya atau warga setempat menyebutnya Ruwatan Cukur Gembel. Ruwatan ini diikuti tujuh anak berambut gimbal yakni Sri Nuria 7 dari Banjarnegara Lista dari Wonosobo Argifari Yulianto 7 dari Banjarnegara Mazaya Filza Labibah 6 dari Bekasi Alira 3 dari Wonosobo Sasabila 6 dari Wonosobo dan Tita 5 dari Wonosobo.


Dieng People Believe That Children Are Sick For Months Ago Her Hair Into Dreadlocks Must Be In Ruwat That Catastrophe Did No Rambut Gimbal Indonesia Penginapan

7 anak berambut gimbal mengikuti ruwatan rambut gimbal di komplek Candi Arjuna Dieng Kulon Batur Banjarnegara Minggu 372011.

Ruwatan anak berambut gimbal. Saat anak berambut gimbal berkeinginan untuk mengikuti ruwatan orang tua harus memenuhi permintaan yang diajukan oleh anaknya. Seperti diketahui beberapa anak di dataran tinggi Dieng kerap muncul rambut gimbal. Setelah penjamasan selesai anak-anak rambut gimbal dikawal menuju tempat pencukuran yakni di kompleks Candi Arjuna.

Ada latar belakang kisah menarik mengenai Rambut. Ribuan warga melihat prosesi ruwatan rambut gimbal ini. Anak berambut gimbal yang sudah bersedia untuk diruwat.

Rambut gimbal harus dihanyutkan atau dilarung di telaga Balekambang. Nur mengisahkan kemunculan rambut gimbal pada anaknya sempat menjadi pertanyaan orang-orang di sekitarnya. Peserta ruwatan anak berambut gimbal meliputi Ayumna Arviana Sakdiah dan Syaqiera Alannah Maritza PR dari Banjarnegara Jawa Tengah Alwi Arobil Fahad dan Ponita Alysa dari Wonosobo Jawa Tengah serta Noor Assyifa Aulia.

Prosesi ruwatan untuk memotong rambut gimbal kelima anak itu dilaksanakan di kompleks Rumah Budaya Dieng Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara Provinsi. Ritual Ruwatan Rambut Gimbal Di Dataran Tinggi Dieng. Ruwatan rambut anak gimbal adalah proses pemotongan rambut gimbal pada anak-anak gembel.

Maka jarang ada yang berani sembrono dengan si gimbal. Prosesi pencukuran rambut gimbal merupakan puncak prosesi Ruwatan Anak Gimbal. Jika pemotongan rambut gimbal tidak dilakukan melalui upacara atau ruwatan maka rambut gimbalnya akan tumbuh lagi dan kondisi kesehatan anak akan lebih buruk.

Rambut gimbal anak-anak istimewa itu harus dipotong dalam sebuah upacara ruwatan. Anak-anak rambut gimbal menjadi anak-anak yang diistimewakan karena dipercaya sebagai titisan sang Kyai Kolodete. Keberadaan anak berambut gimbal di lingkungan keluarga justru dianggap sebagai berkah bisa melindungi keluarga dari marabahaya.

Oleh karenanya ruwatan rambut gimbal ini tidak dilaksanakan setiap saat. Kepercayaan ini diakhiri dengan upacara Ruwatan pada anak-anak gimbal yang dipercaya sebagai utusan dewa tersebut. SEBANYAK lima anak berambut gimbal dari wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta DIY menjalani prosesi ruwatan dalam rangkaian kegiatan Dieng Culture Festival 2021.

Rambut Gimbal yang mereka miliki bukan hasil permak Salon melainkan alami hasil buatan alam. Prosesi Ruwatan pencukuran Rambut Gimbal dipimpin langsung Pemuka Adat Dieng. Jika anda melihat anak berambut Gimbal di sekitaran wilayah Dataran Tinggi Dieng Mereka Bukanlah Penganut aliran Reage atau Rasta seperti Bob Marley.

Acara ini dapat diselenggarakan kapanpun setelah si anak berambut gimbal bersedia untuk memotong rambut gimbal mereka biasanya prosesi ini berlangsung sekitar bulan Juni sampai Agustus atau. Tak heran setiap permintaan dan ucapannya dinilai sebagai sabda kyai 157 Jurnal Warna Vol1 No1 Juni 2017 Eki Satria harus dituruti. Namun begitu orang yang mencukur tidak harus Pemuka Adat.

Terdapat kepercayaan bagi masyarakat Dieng bahwa kesejahteraan akan terus berlangsung apabila ruwatan selalu dilakukan. Prosesi ini merupakan salah satu prosesi terpenting di Dieng. Bahkan dalam satu tahun belum tentu ada anak berambut gimbal yang diruwat karena kadang kala orang tuanya belum mampu menyiapkan permintaan si anak termasuk biaya untuk menggelar ruwatan.

Ritual ruwatan anak berambut gimbal di Dieng Jawa Tengah. Prosesi ruwatan untuk memotong rambut gimbal kelima anak itu dilaksanakan di kompleks Rumah Budaya Dieng Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Ruwatan ini merupakan rangkaian acara Dieng Culture Festival 2011.

Anak-anak berambut gimbal juga menjadi simbol kesejahteraan bagi masyarakat Dieng. Ruwatan ini merupakan proses pemotongan rambut anak gimbal yang sudah pada usia balligh dan sudah memiliki ketentuan-ketentuan khusus. Pemotongan bisa dilakukan oleh orangtua maupun orang yang diingini oleh si anak Ruwatan anak berambut gimbal sangat penting bagi masyarakat Dieng.

Mereka yang berambut gimbal diyakini merupakan titisan para leluhur. Banjarnegara - Sebanyak 9 anak berambut gimbal menjalani ritual ruwatan hari ini. Upacara ini merupakan harapan akan kesejahteraan Ruwatan anak berambut gimbal biasanya diadakan pada Bulan Juni Juli atau Agustus menyesuaikan dengan saat libur sekolah Beberapa hari sebelum ruwatan tetua desa.

7 Anak Berambut Gimbal Diruwat. Akan tetapi untuk membuang sial mereka rambut tersebut harus dicukur dan dikembalikan ketika anak tersebut diminta. Anak-anak yang berambut gimbal dikumpulkan untuk menjalani proses ruwatan di Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah Minggu 0708.

Hal ini merupakan adat-istiadat di Dataran Tinggi Dieng Kabupaten Banjarnegara. Prosesi Ruwatan pencukuran Rambut Gimbal dipimpin langsung Pemuka Adat DiengNamun begitu orang yang mencukur tidak harus Pemuka Adat DiengOrang-orang yang ditunjuk adat misal Bupati dan Pejabat Pemerintah dapat menjadi pencukur rambut Anak GimbalPencukuran dilakukan di halaman Candi Puntadewa Kompleks Candi Arjuna. Ruwatan ini menjadi salah satu acara dalam Dieng Culture Festival DCF IV 2013 di kompleks Candi Arjuna di Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur Banjarnegara Jawa Tengah Minggu 3062013 kemarin.

Proses ritual pemotongan rambut gimbal harus dilakukan setiap tahun. Budaya Dieng tidak hanya tentang kesakralan anak-anak rambul gimbal saja. Ada banyak kesenian dan tradisi yang masih lestari.

Maklum di Bantul tidak lazim ada anak berambut gimbal.


Ruwatan Upacara Adat Cukur Rambut Gimbal Anak Anak Dataran Tinggi Dieng Indozone Id


Mengenal Asal Usul Anak Gimbal Simbol Kesejahteraan Masyarakat Dieng Kumparan Com


Kisah Serdadu Bocah Gimbal Etnokartunologi


LihatTutupKomentar